DIGITAL MARKETING

  DIGITAL MARKETING

 

SobatDuniaKampus- Mungkin kita sudah sering mendengar tentang digital marketing, akan tetapi kita belum tentu paham betul apa sih sebenarnya maksud dari digital marketing tersebut. Ditengah perkembangan Teknologi yang begitu signifikan ini pastinya setiap kehidupan kita tidak terlepas dari teknologi, hampir setiap asepek kehidupan kita selalu berhubungan atau berkaitan dengan teknologi, Dengan adanya Teknologi memudahkan pekerjaan manusia yang seharusnya dilakukan manusia dapat dilakukan oleh mesin.

 

Digital Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi suatu brand atau merk dengan menggunakan media internet atau teknologi digital untuk memasarkan produk mereka.

Di satu sisi, digital marketing memudahkan para pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen atau customer, disisi lain konsumen juga dapat mencari dan mendapatkan informasi menggunakan search engine sehingga mempermudah proses pencariannya. Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti search engine, email, media sosial, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Konsumen kini semakin mandiri dalam membuat keputusan unutk melakukakan pembelian sesuai dengan apa yang diinginkannya berdasarkan hasil pencariannya.

Dengan Kemudahan internet maka digital marketing dapat dijangkau dan diakses dari seluruh lapisan masyarakat dimanapun dan kapanpun tanda ada Batasan waktu tempat dan sebagainya.

 

Sebenarnya apasih sebenarnya tujuan dari Digital Marketing tersebut

1.     Meningkatkan pangsa pasar

2.     Meningkatkan jumlah komentar pada suatu situs web atau blog

3.     Tentunya untuk meningkatkan pendapatan penjualan

4.     Mengurangi biaya, misalnya biaya distribusi ataupun promosi yang bersifat konvensional

5.     Meningkatkan suatu ukuran database

6.     Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pelanggan, atau tingkat referensi pelangan

7.     Memperbaiki manajemen rantai supply, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra atau relasi, atau mengoptimalkan tingkat persediaan

 

 

Setelah kita mengetahui arti digital marketing Sekarang kita harus tahu bagaimana untuk menjalankan suatu usaha kita bagaimana startegi digital marketing yang tepat untuk memasarkan produk atau brand kita.

 

1.     Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu upaya dimana bagaimana mengoptimasi sebuah situs atau web agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian sehingga konsumen dengan mudah menemukan apa yang ingin dicarinya, sekarang bagaimana cara kita agar produk atau brand kita bisa menempati peringkat teratas, tentunya jika kita memilki blog ataupun situs web yang khusus untuk memasarkan produk kita, maka harus selalu update karena goggle selalui memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih varian dan solutif untuk penggunaanya oleh karena itu supaya kita tidak tergerus dengan informasi yang terus menerus maka kita harus selalu up to date ataupun memperbarui dri situs blog website kita.

 

2.     Content Marketing

Content marketing atau pemasaran konten adalah proses dalam membuat konten yang berkualitas dan relevan untuk menarik, memperoleh, dan melibatkan audiens. Dengan kemudahan teknologi tentunya calon pelanggan ataupun konsumen kita dengan mudah menemukan begitu banyak informasi yang ada dengan adannya content marketing diharapkan dapat menarik minat calon pelannggan atau customer  utnuk membeli produk kita, oleh karena itu content marketing kita harus kreatif dan semenarik mungkin agar apar membedakan dengan produk pesaing kita. Strategi pemasaran konten yang dibuat dengan baik menempatkan bisnis Anda pada posisi teratas di antara kompetitor Anda sehingga dapat membangun preferensi merek saat Anda menginformasikan dan mendidik pembeli. Memberikan konten yang bermanfaat dan menghibur dapat membentuk ikatan yang kuat antara brand dengan pelanggan yang terus tumbuh dari waktu ke waktu

 

 

3.     Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran (marketing automation) adalah praktik penggunaan teknologi untuk mengotomatisasi beberapa aspek  Contohnya adalah email khusus yang dirancang secara otomatis untuk menanggapi ketika ada pengunjung website perusahaan berlangganan. Contoh lainnya adalah perangkat lunak yang secara otomatis mengambil data dari situs web dan database dan mengubahnya menjadi format laporan yang siap digunakan.

 

4.     Pay-Per-Klik(PPC)

PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.

 

5.     Native Advertising

Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

 

 

6.     Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah suatu metode pemasaran/bisnis di mana seseorang akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk si pedagang (merchant).Tak selamanya yang bergabung ke dalam program afiliasi adalah individu. Sekelompok orang atau bahkan perusahaan dipersilakan untuk mengikuti program afiliasi yang tersedia. Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads dengan Youtube.

 

7.     Sosial Media Marketing

Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand. Akan tetapi, pada awalnya fokus saja dulu terhadap satu media sosial untuk mempersingkat waktu, biaya, tenaga manusia dan ilmu. Lalu tentukan kepribadian yang Anda gunakan dalam media sosial, seperti formal atau semi formal.

 

Pemanfaatan Digital marketing bagi Usaha Rintisan atau perkembangan bisnis

Tujuan dari aktivitas digital marketing yaitu untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk bisnis. karena digital marketing bisa menjangkau lebih banyak sasaran customer, karena akses digital marekting bisa menjangkau semua wilayah yang terkoneksi dengan internet. Maka hal ini nantinya juga akan berdampak pada meningkatnya penjualan Anda.

 

Digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang Anda kelola tentunya juga dapat dikenal tak cuman di wilayah Anda, namun juga di wilayah-wilayah lainnya. Dengan demikian, peluang mendapatkan customer pun juga dapat semakin besar.

 

Manfaat digital marketing yang paling dinikmati oleh brand ialah bisa dilaksanakan dengan murah dan sangat ekonomis yaitu menghemat biaya promosi. Ya, strategi promosi menerapkan media internet memang jauh lebih murah bila dibandingi dengan menerapkan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membikin iklan di radio dan televisi. Oleh karena itu, bagi Anda yang baru memulai bisnis dan berkeinginan bisnis Anda dapat cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk menjalankan promosi.

 

Digital marketing dilaksanakan dengan beragam media yang terhubung secara langsung dengan customer. Meskipun belum saling mengenal satu sama lain, dengan teknologi digital dimungkinkan untuk melaksanakan komunikasi dengan customer secara langsung dengan teknik digital marketing. Hal ini membuat digital marketing menjadi sangat diminati sebab lebih dekat dengan customer.

 

 

 



 

 

Berikut merupakan Data Statistik Penggunaan Sosial Media di Indonesia Tahun 2019

Dengan pertumbuhan penggunaan social media di Indonesia yang begitu tinggi seharusnya menjadi salah satu keuntungan bagi para wirausaha atau oebisnis karena melalui pningkatan penggunaan social media memudahkan kita untuk mempromosikan berbagai produk kita . Sekarang tergantung mau di social media mana kita akan mengiklankan atau memasarkan produk kita , dengan mengetahui dtaa statisik ini dapat memudahkan kita untuk menganalisis platform seperti apa yang mau kita pakai dan sistemnya bagaimana


 

 

 

 

 

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

 

https://www.researchgate.net/publication/327069950_STRATEGI_DIGITAL_MARKETING_DAN_IMPLIKASINYA_PADA_KEUNGGULAN_BERSAING_UKM_DI_INDONESIA

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer