KEWIRAUSAHAAN DIGITAL
KEWIRAUSAHAAN DIGITAL
SobatDuniaKampus- Kewirausahaan Digital merupakan suatu kegiatan yang prosesnya untuk menciptakan sesuatu secara kreatif dan inovatif serta dipengaruhi dan memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung kegiatan wirausaha ini. Pada Era Digital ini tentunya tidak asing bagi setiap masyarakat bahwa sudah banyak kegiatan usaha yang dalam tujuannya untuk mengembangkan usahanya menggunakan teknologi digital ini. Hampir setiap kalangan tentunya ingin berwirausaha, apalagi di tengah Masa Pandemi diman hampir setiap orang tentunya untuk pemenuhan kebutuhannya beralih ke penggunaan yang berbasis internet atau online shopping, wirausaha tersebut harus berpikir ulang bagaimana cara mereka untuk memasarkan produknya tentunya dengan bantuan teknologi digital ini memudahkan setiap orang untuk berwirausaha. Wirausaha Digital tentunya seorang yang melakukan kegiatan wirausaha berbasis digital yang dalam memasarkan produknya. Bisa dari kalangan manapun asalkan memilki tekad serta kompetensi untuk melakukan kegiatan usaha siapa saja bisa memulai wirausaha digital ini , kita bisa memulai kegiatan wirausaha digital dari rumah kita dengan bantuan pengguna teknologi internet sekarang ini. Sekarang banyak juga ditemui pelajar ataupun mahasiswa yang sudah memulai wirausaha digital ini melalui aplikasi ataupun platform yang menyediakan suatu wadah bagi seorang seorang penjual untuk menjual produknya ataupun mengembangkan usahanya.
Alasan Kewirausahaan Digital itu begitu penting, tidak terlepas dari perkembangan di era globalisasi yang terus maju, yang mna jika kita tetap ingin bertahan terhadap suatu usaha yang kita punya atau usaha yang dirintis kita harus mampu bersikap terbuka terhadap perubahan yang ada serta hal apapun yang tujuannya untuk mendukung kegiatan terhadap kemajuan kegiatan usaha kita tersebut. Wirausaha Digital ini tentunya memiliki potensi untuk mengembangkan kegiatan usaha para wirausahawan digital yang ada
Peluang dan tantangan yang muncul karena kewirausahaan digital, yaitu Akibat dari penggunaan internet itu yang begitu besar serta kebutuhan customer ataupun pelanggan yang begitu dinamis membuat wirausaha harus memutar otak agar produknya tidak tergerus oleh competitor lainnya maka mereka harus terbuka terhadap perubahan yang ada , memang benar internet membuka peluang yang begitu besar siapapun bisa mengaksesnya akan tetapi karena penggunaan yang begitu mudahnya semakin bayak para wirausaha yang muncul untuk mencoba berbisnis juga selain itu pasti tentunya banyak produk yang sama yang membuat setiap wirausaha berlomba lomba dalam memperbaiki kualitas usahanya ataupun meniru produk yang lebih diminati dari pesaingnya, karena pasti tentunya para wirausaha akan melakukan riset terhadap produk pesaingnya.
Ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh wirausaha digital yang pertama itu ada komunikasi, komunikasi merupakan salah satu aspek yang begitu penting karena dengan adanya komunikasi disinilah wirausaha menyampaikan tujuan usahanya tersebut kepada calon customer atau pelanggan, Dengan keterampilan komunikasi yang baik dapat menjalin hubungan dengan pelanngan kita, karena kita mengerti apa yang dibuthkan oleh pelanggan kita tersebut. Selain kompetensi memilki Finansial salah satu aspek utama itu dikarenakan jika kita ingin mulai berusaha setidaknya kita harus memilki keadaan finansial yang cukup baik karena biasanya untuk memulai suatu usaha diperlukan modal yang cukup, karena itu banyak calon wirausaha yan masih ragu untuk berwirausaha karena aspek finansial ini mereka masih takut untuk mengambil resiko , oleh karena itu untuk mendukung usaha kita tersebut kita perlu memiliki finansial serta kemampuan bagaimana cara mengatur dan mengolah keuangan kita itu karena jika memilki finansial yang cukup akan tetapi tidak dibarengi dengan kemampuan yang handal dalam mengatur keuangan itu sama saja , makanya itu perlu adanya keseimbangan. Selanjutnya Merk juga merupakan yang harus dipikirkan oleh seorang wirausaha, karena merk itu adalah cerminan usaha kita, dengan pemberian merk yang tepat dapat membuat brand kita tersebut lebih dikenal dan dapat diterima oleh masyarakat, Kita juga harus membuat merk usaha kita yang unik untuk membedakan merk kita dengan merk competitor lainnya di bidang yang sama, Berikutnya yang tidak asing lagi di telinga kita yaitu marketing di zaman sekarang ini semua wirausaha berlomba-lomba untuk memasarkan produknya , seperti pemberian diskon atau bonus jika membeli produknya dalam jumlah banyak, percuma kita memilki merk yang bagus finansial yang cukup jika strategi marketing sama sekali tidak menarik peminat pelanggan untuk membeli produk kita, karena itu di era digital ini kita dimudahkan untuk mempromosikan produk usaha kita seperti iklan yang ada di sosial media, atau bisa juga melalui teman-teman atau keluarga yang telah mencoba produk kita karena biasanya informasi dari mulut ke mulut masih tetep juga berpengaruh untuk memasarkan produk kita karena dianggap ada contoh nyatanya. Kemudian ada Networking dengan membangun networking yang baik dapat membuka peluang Kerjasama antar sesama bisnis, Sehingga kita dapat membuat kolaborasi dengan relasi atau pebisnis seperti teman , di samping itu kita juga dapat bertukar ide dan memilki suatu inovasi yang baru karena kita dapat saling membagikan pendapat untuk memajukan usaha kita tersebut , Salah satu keuntungan dengan Kerjasama atau kolaborasi bisnis setidaknya kita dpat membagi modal, sehingga tidak terlalu berat dalam menyiapkan modal utama untuk memulai usaha kita, Selain Modal, kita juga harus membagi antara keuntungan maupun kerugian secara adil sesuai kontrak yang telah disepakati antara wirausaha. Ada juga Automation, mungkin belum semua memahami automation ini, jadi automation adalah kegiatan melakukan hal yang sama berulang kali, dimana akan mengurangi produktivitas wirausaha. Dengan adanya teknologi digital kita tidak perlu terlalu repot lagi mengurus sesuatu yang bisa dikerjakan atau dilakukan oleh perangkat lunak atau komputer, ini membuat kita lebih efisien dalam bekerja, sekarang bagaimana cara kita mengoperasikan suatu perangkat lunak itu disini perlu pembelajaran lebih lanjut yang harus dilakukan oleh wirausaha. Berikutnya ada Design , sekarang karena semua serba teknologi , hampir semua wirausaha menyiapkan design yang semenarik mungkin bahkan ada wirausaha menggunakan tenaga ahli untuk membuat design yang semenarik mungkin , karena biasanya masyarakat lebih menyukai sesuatu secara visual yang lebih menarik , lalu setelah itu produknya, karena jika dari segi visual design saja kurang mendukung bagaimana masyarakat akan memilih produk kita, karena itu kita harus memilki kemampuan design yang mumpuni untuk membuat design yang menarik peminat pelanggan. Analytics tidak kalah pentingnya , dengan adanya kemampuan menganalisis yang baik kita dapat mengetahui apakah usaha kita tersebut sudah menggunakan anggaran kita dengan cukup baik atau tidak, apakah strategi marketing yang kita lakukan menambah pelanggan atau malah semakin menurunkan pendapatan laba kita , apakah pencapaian yang ingin kita tuju sudah tercapai atau belum, karena itu kita erlu menganalisis usaha bisnis kita tersebut agar kita mengetahui sejauh mana perkembangan usaha kita atau hanya stuck seperti kita memulai bisnis, Fungsi dari analisis ini juga untuk mengambil keputusan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang mungkin timbul dalam usaha kita, karena analisis juga memberikan informasi yang didapatkan lebih terperinci lagi jadi kita mengetahui setiap titik permasalahan usaha kita. Dan yang terakhir ada Learning. Pengertian Learning disini adalah suatu proses pembelajaran yang menggunakan media elektronik atau berbasis internet sebagai system pembelajarannya, Jadi dalam menjalan wirausaha ini perlu dibarengi dengan kompetensi learning yang baik agar tetap update terhdap perubahan teknologi di era Digital ini.
Good article!
BalasHapuskeren banget artikelnya!!✨
BalasHapusKeren minnn!!
BalasHapusSangat menarik sekali
BalasHapus